Satgas Jagabaya Bogor Ikut Mengawal Acara Kirab Binokasih Sanghyang Pake (Mahkota) di Kota Bogor

Screenshot_20240418-163856_Photos

BOGOR,SuaraNusantara.net|Rombongan Keraton Sumedang dipimpin langsung Radya Anom Karaton Sumedang Larang RD Luky Djohari Soemawilaga, beserta Panglima Puragabaya, serta Menteri Jero, dan Menteri Luar, beserta para kasepuhan Galuh.
Sebelum sampai Kota Bogor, kirab Mahkota Binokasih tersebut juga telah terlebih dahulu melewati Ciamis.

Dalam tradisi kebudayaan sunda pajajaran , kirab BINOKASIH SANGHYANG PAKE (Mahkota) adalah tradisi adat yang dilaksanakan secara turun temurun dalam sejarah kesundaan .
Dari kota sumedang mengeliling beberapa kota di jawabarat termasuk kota bogor,terlihat dari beragam elemen yang hadir menyambut datangnya binokasih sanghyang pake (Mahkota), antara lain budayawan dan satgas jagabaya ,muspida kota bogor yang diterima langsung oleh walikota bogor Bima Arya Sugiarto. Kamis ,(18/4/2024)
Ketua satgas jagabaya kang wahyu mengatakan kepada awak media “dalam acara tahun ini kirab binokasih sanghyang (Mahkota) yang sudah ditunggu masyarakat kota bogor bisa menambah pengetahuan sejarah tradisi leluhur tanah pasundan (pajajaran) agar generasi muda pelajar¬† kota bogor bisa belajar sejarah tempat kelahiranya.
Pada kesempatan acara ini satgas jagabaya mendapat tugas untuk mengawal binokasih (Mahkota) setibanya di kota bogor.
Ketua satgas jagabaya kang wahyu meminta agar selalu menjaga adap dan tata krama adat istiadat tanah pasundan khususnya di kota bogor yang di cintai “ungkapnya . (SN)

TERKINI LAINNYA